Senin, 15 Oktober 2012

Program Menghitung Luas Bujur Sangkar


Program menghitung Luas BujurSangkar (Construktor)
1.  Class Pertama
public class cobaBujurSangkar //mendeklarasikan kelas dengan nama cobaBujurSangkar
{ //awal dari sebuah class
    private double sisi ;//menginisialisasi nilai sisi dengan tipe double yang hanya bisa diakses oleh sisi dan turunannya
    cobaBujurSangkar(){ //perintah construktur
        System.out.println("Construktor dijalankan");//mencetak hasil yaitu Construktor dijalankan
        sisi = 1;//agar jika user tidak menginputkan nilai, maka program akan mengeluarkan hasil 1
    }
    public void setsisi (double sisi){
        if (sisi>0){ //perintah agar sisi harus bernilai lebih dari 0
            this.sisi = sisi ;//untuk memanggil variabel sisi
        }
    }
    public void hitungluas() { //Perintah menghitung luas
         System.out.println (sisi*sisi); //mencetak hasil yaitu dengan sisi kali sisi
    }

    void hitunghasil() {
    }
} //akhir dari sebuah class
2.  Class Kedua

public class methodcobabujursangkar //mendeklarasikan kelas, dengan nama methodcobabujursangkar
{ //awal dari sebuah blok baru
    public static void main (String []args) { //method utama untuk mengeksekusi program dibawahnya
    cobaBujurSangkar jklm = new cobaBujurSangkar(); //merupakan objek baru jklm dari kelas cobaBujurSangkar
    jklm.setsisi(4); //menginputkan sisi dengan nilai 4
    jklm.hitunghasil();//perintah untuk menghitung luas pada objek jklm
    }
}//akhir dari sebuah class

3.  Penjelasan Program
Program tersebut mempunyai class yang bernama cobaBujurSangkar dan memiliki method yaitu pada class methodcobabujursangkar. Yang berisi beberapa fungsi yaitu sebagai berikut :
  
   public void setsisi (double sisi) //untuk mengisi variable sisi dengan tipe data double
   public void hitungluas() //untuk menghitung variable luas
   public static void main (String []args) //class main pada methodcobabujursangkar
jklm.setsisi(4); //memanggil class cobabujursangkar dengan nama bujursangkar jklm  dengan menjalankan method setsisi(4), yang berisi nilai 4 yg bertipe data integer

jklm adalah sebuah nama bujur sangkar yang bersifat bebas (jadi dapat digantikan dengan nama lain). Tapu harus mempunyai pernyataan bahwa jklm adalah sebuah implementasi dari cobabujursangkar (new cobapersegipanjang).
Dalam program ini menggunakan perintah Construktor yaitu perintahnya sebagai berikut :
cobaBujurSangkar(){ //perintah construktur
System.out.println("Construktor dijalankan");//mencetak hasil yaitu Construktor dijalankan

Pada perintah constructor tersebut harus menggunakan nama sesuai dengan nama class yang telah dibuat. Dalam program ini yaitu cobaBujurSangkar. Lalu diikuti dengan perintah mencetak hasil yaitu “Construktor dijalankan”

Output Program

Tidak ada komentar:

Posting Komentar