Program menghitung Luas BujurSangkar
(Construktor)
1. Class
Pertama
public class cobaBujurSangkar //mendeklarasikan
kelas dengan nama cobaBujurSangkar
{ //awal dari sebuah class
private double sisi ;//menginisialisasi nilai sisi dengan tipe
double yang hanya bisa diakses oleh sisi dan turunannya
cobaBujurSangkar(){ //perintah construktur
System.out.println("Construktor dijalankan");//mencetak hasil yaitu Construktor dijalankan
sisi = 1;//agar jika user tidak menginputkan nilai,
maka program akan mengeluarkan hasil 1
}
public void setsisi
(double sisi){
if (sisi>0){ //perintah agar sisi harus bernilai lebih dari 0
this.sisi =
sisi ;//untuk memanggil variabel sisi
}
}
public void
hitungluas() { //Perintah menghitung luas
System.out.println (sisi*sisi); //mencetak
hasil yaitu dengan sisi kali sisi
}
void hitunghasil() {
}
} //akhir dari sebuah class
2. Class
Kedua
public class
methodcobabujursangkar //mendeklarasikan
kelas, dengan nama methodcobabujursangkar
{ //awal dari sebuah
blok baru
public static void main (String []args) { //method utama untuk mengeksekusi program dibawahnya
cobaBujurSangkar jklm = new
cobaBujurSangkar(); //merupakan objek baru
jklm dari kelas cobaBujurSangkar
jklm.setsisi(4); //menginputkan sisi dengan nilai 4
jklm.hitunghasil();//perintah untuk menghitung luas pada objek jklm
}
}//akhir dari sebuah
class
3. Penjelasan
Program
Program tersebut
mempunyai class yang bernama cobaBujurSangkar dan memiliki method yaitu pada
class methodcobabujursangkar. Yang berisi beberapa fungsi yaitu sebagai berikut
:
public void setsisi
(double sisi) //untuk mengisi variable sisi dengan
tipe data double
public void
hitungluas() //untuk
menghitung variable luas
public static void main (String []args) //class main pada
methodcobabujursangkar
jklm.setsisi(4); //memanggil class cobabujursangkar dengan nama bujursangkar
jklm dengan menjalankan method
setsisi(4), yang berisi nilai 4 yg bertipe data integer
jklm adalah sebuah nama bujur sangkar yang bersifat bebas (jadi dapat
digantikan dengan nama lain). Tapu harus mempunyai pernyataan bahwa jklm adalah
sebuah implementasi dari cobabujursangkar (new cobapersegipanjang).
Dalam program ini menggunakan perintah Construktor yaitu perintahnya
sebagai berikut :
cobaBujurSangkar(){ //perintah
construktur
System.out.println("Construktor dijalankan");//mencetak hasil yaitu Construktor dijalankan
Pada perintah constructor tersebut harus menggunakan nama sesuai dengan
nama class yang telah dibuat. Dalam program ini yaitu cobaBujurSangkar. Lalu
diikuti dengan perintah mencetak hasil yaitu “Construktor dijalankan”
Output
Program
Tidak ada komentar:
Posting Komentar